Kemajuan teknologi berbasis
android saat ini telah berkembang dengan pesat, serta memberikan banyak manfaat
bagi masyarakat. Hampir semua kalangan masyarakat menggunakan smartphone Android dikarenakan pengguna
lebih merasa efisien apabila menggunakan smartphone
untuk mengakses informasi yang
dibutuhkan secara cepat dan mempermudah penggunanya saling terhubung satu sama
lain secara online, serta dapat
mengakses dengan mudah menggunakan beberapa aplikasi yang telah terinstall pada
smartphone.
Namun, aplikasi pemesanan makanan
siap saji pun juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Mulai dari proses
pendaftaran pada aplikasi sampai hingga proses pemesanan makanan melalui
aplikasi. HokBen merupakan salah satu restoran cepat saji yang menggunakan
aplikasi pemesanan secara online yaitu
HokBen Apps yang dapat di unduh
melalui playstore. HokBen Apps telah
digunakan sejak tahun 2016. Sampai Mei 2018 sudah mencapai 100 ribu yang
mengunduh aplikasi HokBen Apps, aplikasi pemesanan online merupakan salah satu
fasilitas untuk meningkatkan layanan kepada konsumen.
ANALISIS SISTEM PIECES
Untuk
mengidentifikasi masalah, harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi,
ekonomi, keamanan aplikasi, efesiensi dan pelayanan-pelayanan. Panduan ini
dikenal dengan Analisis PIECES (Performance,
Information, Economy, Control, Efeciency, Service). Dari analisis ini
biasanya yang muncul dipeermukaan bukan masalah utama, tetapi hanya gejala dari
masalah utama saja
1. Analisis Kinerja (Performance)
Masalah kinerja terjadi ketika
tugas-tugas bisnis yang dijalankan tidak mencapai sasaran. Kinerja diukur
dengan jumlah produksi dan waktu tanggap. Jumlah produksi adalah jumlah
pekerjaan yang bisa diselesaaikan selama jangka waktu tertentu. Pada bagian
pemasaran, kinerja diukur beerdasarkan volume pekerjaan, pangsa pasar yang
diraih atau citra perusahaan.
Waktu tanggap adalah keterlambatan
raata-rata antara suatu transaksi dengan tanggapan yang diberikan kepada
transaksi tersebut.
2. Analisis Informasi (Information)
Informasi merupakan komoditas
krusial bagi pengguna akhir. Evaluasi terhadap kemampuan sistem informasi dalam
menghasilkan inforamsi yang bermanfaat perlu dilakukan untuk menyikapi peluang
dan menangani masalah yang muncul. Dalam hal ini meningkatkan kualitas
informasi tidak dengan menambah jumlah informasi, karena terlalu banyak
informasi justru akan menimbulkan masalah baru. Situasi yang membutuhkan
peningkata informasi seperti :
a. Kurangnya inforamsi
mengenai keputusan atau situasi yang sekarang
b. kurangnya informasi yang
relavan mengenai keputusan ataupun situasi sekarang
c. kurangnya informasi yang
tepat waktu
d. terlalu banyak informasi
e. informasi tidak akurat
3. Analisis Ekonomi (Economy)
Alasan ekonomi barangkali merupakan
motivasi paling umum bagi suatu proyek. Pijakan dasar bagi kebanyakan manajer
adalah biaya atau rupiah. Persoalan ekonomis dan peluang berkaitan dengan
masalah biaya. Adapaun hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Biaya
a. biaya tidak diketahui
b. biaya tidak dapat dilacak
kesumber
c. biaya terlalu tinggi
2. Keuntungan
a. pasar-pasar baru dapat
dieksplorasi
b. pemasaran saat ini dapat
diperbaiki
c. pesanan-pesanan dapat
ditingkatkan
4. Analisis Keamanan (Control)
Tugas-tugas perlu dimonitorinng dan
dibetulkan jika ditemukan kinerja yang dibawah standar. Control dipasang untuk
meningkatkan kinerja sistem, mencegah atau mendeteksi kesalahan sistem,
menjamin keamanan data, informasi, dan persyaratan.
5. Analisis Efesiensi (Efeciency)
Berikut adalah indikasi bahwa suatu
sistem dapat dikatakan tidak efesien :
a. banyak waktu yang terbuanng
pada aktivitas sumber daya manusia, mesin, atau komputer.
b. data diinput atau disalin
secara berlebihan
c. data diproses secara
berlebihan
d. informasi dihasilkan secara
berlebihan
e. usaha yang dibutuhkan untuk
tugas-tugas terlalu berlebihan
f. material yang dibutuhkan
untuk tugas-tugas terlalu berlebihan
6. Layanan (Service)
Berikut adalah beberapa kriteria
penilaian dimana kualitas suatu sistem bisa dikatakan buruk :
a. sistem menghasilkan produk
yang tidak akurat
b. sistem menghasilkan produk
yang tidak konsisten
c. sistem menghasilkan produk
yang tidak dipercaya
HokBen Apps adalah sabuah aplikasi dengan sistem
pelayanan berbasis mobile yang
dikeluarkan oleh Hoka-Hoka Bento yang
berguna bagi konsumen Hoka-Hoka Bento untuk melihat dan melakukan pemesanan
menu makanan dan minuman yang disediakan oleh Hoka-Hoka Bento dimana pun dan
kapan pun secara online melalui smartphone
1. Evaluasi Terhadap Kinerja (Performance)
Tabel 1.
Parameter Kinerja
(Performance)
dan Saran
Selanjutnya merupakan
bukti dari proses pemesanan menu melalui aplikasi HokBen Apps yang berjalan
dengan baik dan berhasil.
Gambar dibawah merupakan tampilan detail pemesanan yang telah
dipesan, serta meng-konfirmasi alamat konsumen atau data konsumen yang telah
tersimpan di profil akun aplikasi “HokBen Apps”.
Selanjutnya merupakan tampilan payment, pada tampilan ini diberikan dua pilihan metode pembayaran
yaitu Cash on delivery dan Credit card,
jika konsumen telah memilih antara
dua pilihan tersebut, maka akan menuju ke tampilan Arigatou Gozaimasu! Yang
artinya Terima Kasih! Dan pada
tampilan tersebut terdapat pilihan Continue Order untuk melanjutkan pemesanan atau menambah pesanan.
Selanjutnya merupakan tampilan History Details atau
rincian transaksi yang telah dilakukan
oleh konsumen yang terdapat nama konsumen, alamat konsumen, waktu pemesanan,
waktu kedatangan pesanan, harga makanan dan biaya antar.
2. Evaluasi Terhadap Informasi (Information)
Gambar diatas merupakan tampilan
informasi dan harga pada suatu menu, informasi
Kemampuan sistem informasi dalam menghasilkan
informasi yang bermanfaat dapat dievaluasi untuk menangani masalah dan dapat
sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.
Tabel 2.
Parameter Informasi
(Information)
dan Saran
Berikut pada merupakan bukti dari
informasi menu, informasi harga dan favorite
melalui aplikasi HokBen Apps.
menu menjelaskan menu yang ditampilkan seperti menu
tersebut terbuat dari daging atau telur dan sebagainya.
tampilan favorit, dimana menu
favorit akan muncul ketika konsumen telah memesan atau pernah memesan menu
makanan atau minuman yang terdapat pada aplikasi ”HokBen Apps”.
3. Evaluasi Terhadap Ekonomi (Economy)
Adalah penilaian sistem dalam
pengurangan dan keuntungan yang akan didapatkan dari sistem yang dikembangkan. Sistem ini akan memberikan
penghematan operasion dan meningkatkan keuntungan
Penghematan didapatkan melalui pengurangan bahan
baku dan perawatan, sementara keuntungan didapat dari peningkatan nilai
informasi dan keputusan yang dihasilkan.
Tabel 3.
Parameter Ekonomi (Economy) dan Saran
4. Evaluasi Terhadap Keamanan (Control)
Kontrol dipasang untuk
meningkatkan kinerja sistem, mencegah atau mendeteksi kesalahan sistem, dan
menjamin keamanan data, informasi dan persyaratan.
Tabel 4.
Parameter keamanan (Control) dan Saran
5. Evaluasi Terhadap Efisiensi (Efficiency)
6. Evaluasi Terhadap Pelayanan
(Services)
Analisis ini berhubungan dengan
pelayanan dari masyarakat dalam proses menggunakan aplikasi dengan cepat, tepat
dan akurat. Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh James Wetherbe (2012),
parameter Pelayanan (Services)
tertera pada tabel 6.
Tabel 6.
Parameter Pelayanan (Services) dan Saran
Tabel Kuisioner
No
|
Indikator
|
Rata-
|
Keterangan
|
|
|
Rata
|
|
|
|
Kepuasan
|
|
|
|
|
|
1
|
Performance
|
3.9
|
PUAS
|
|
|
|
|
2
|
Information
|
3.84
|
PUAS
|
|
|
|
|
3
|
Economy
|
4.47
|
SANGAT
|
|
|
|
PUAS
|
|
|
|
|
4
|
Control
|
4.00
|
PUAS
|
|
|
|
|
5
|
Efficiency
|
4.6
|
SANGAT
|
|
|
|
PUAS
|
|
|
|
|
6
|
Service
|
3.88
|
PUAS
|
|
|
|
|
Usulan Rancangan Terhadap
Sistem Aplikasi HokBen Apps
Sesuai dengan struktur navigasi di atas maka ada
beberapa masukan terhadap
indikator pada metode PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency dan
Service).
1. Performance
Pada indikator performance terdapat kekurangan yaitu
tidak adanya fitur untuk membatalkan pesanan, maka diusulkan menambahkan fitur
untuk membatalkan pesanan pada tampilan History Details
2. Information
Pada indikator service terdapat kekurangan Tidak adanya
fitur tanya jawab yang interaktif terhadap pihak customer care secara online chat pada aplikasi, sehingga
menyulitkan user yang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar